Raden Adipati Hadiri Harlah TPA Darul Khikmah

Waykanan, BP.id
Masyarakat Kabupaten Waykanan menyambut baik Pengajian Akbar dalam rangka Harlah TPA Darrul Khikmah, Minggu (8/3/2020). “Semoga dari kegiatan keagamaan ini akan mendatangkan berkah dan manfaat bagi kemajuan keluarga besar TPA Darrul Khikmah khususnya dan umat Islam pada umumnya,” demikian dikatakan Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya.

Dikatakannya, berbagai kasus penyimpangan perilaku yang melibatkan pelajar merupakan perkara yang sangat serius. Hal ini mengingat para pelajar adalah generasi penerus dan generasi pengganti estafet keberlangsungan sebuah bangsa.

Bacaan Lainnya

“Penetrasi budaya dan pemikiran barat yang sekuler-liberal merupakan salah satu akar masalah utama kerusakan perilaku ini,” papar Adipati, pada Harlah TPA Darul Khikmah, di Kampung Bumi Mulya, Kecamatan Pakuan Ratu.

Pemikiran sekuler-liberal ini, lanjut Adipati, telah merambah bukan hanya ke lembaga pendidikan, dan masyarakat, bahkan institusi keluargapun tidak luput dari masalah ini. Islam melalui sistem pendidikannya merupakan konsepsi paripurna yang diturunkan Allah SWT kepada Rasulullah. Tujuan pendidikan Islam adalah melahirkan manusia yang beradab dan berkepribadian mulia. Bahkan Rasulullah diutus oleh Allah sebagai teladan yang memiliki akhlak yang agung.

Masih kata Bupati, dalam perspektif Islam, pendidikan adalah suatu usaha sadar dan sistematis dalam mengembangkan potensi peserta didik.

“Pendidikan adalah juga suatu usaha masyarakat dan bangsa dalam mempersiapkan generasi mudanya bagi keberlangsungan kehidupan masyarakat dan bangsa yang lebih baik di masa depan,” ujarnya.

Keberlangsungan itu ditandai oleh pewarisan budaya dan karakter yang telah dimiliki masyarakat dan bangsa. Dalam proses pendidikan, secara aktif peserta didik mengembangkan potensi dirinya, melakukan proses internalisasi, dan penghayatan nilai-nilai menjadi kepribadian mereka dalam bergaul di masyarakat, mengembangkan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera, serta mengembangkan kehidupan bangsa yang bermartabat.

Selanjutnya, Taman Pendidikan Al-Quran atau Pondok Pesantren adalah institusi pendidikan berbasis nilai Islam telah lama hadir untuk berkontribusi bagi pendidikan generasi umat, tidak terkecuali di Kabupaten Waykanan.

“Melalui konsep dan implementasi pendidikan, TPA dan pesantren telah memberikan kontribusi signifikan terhadap upaya pembentukan generasi yang berakhlak mulia. Untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada pendiri TPA dan Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Waykanan termasuk TPA Darrul Khikmah yang tahun ini telah berusia 13 tahun. Mudah-mudahan TPA dan pondok pesantren yang ada di Kabupaten Waykanan akan terus bertambah maju untuk mendidik generasi muda kita agar memiliki ilmu agama sebagai filter ditengah-tengah derasnya arus globaliasasi saat ini, yang memiliki dampak negatif dan positif bagi perkembangan generasi muda kita,” pungkasnya. (robika)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 1 =