PWI Lamtim dan Elemen Masyarakat Cegah Penyebaran Virus Corona di Desa Banjarejo

Lampung Timur, BP.id
Upaya untuk mencegah wabah Virus Corona (Covid-19) dilaksanakan oleh berbagai elemen organisasi dan masyarakat di wilayah Desa Banjarejo, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur (Lamtim), Sabtu (28/3/2020).

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Lampung Timur bersama Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Lampung Timur, beserta Forkopimcam Batanghari, pemuda Desa Banjar Rejo melakukan penyemprotan disinfektan, pembagian hand sanitizer herbal, pembagian masker, dan sosialisasi terkait instruksi Presiden Ir Joko Widodo dan maklumat Kapolri Jenderal Idham Aziz, di Desa Banjar Rejo.

Bacaan Lainnya

Kegiatan bakti sosial (baksos) kepada masyarakat ini dilakukan dalam rangka pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang mulai berkembang biak di Indonesia.

Ketua PWI Lampung Timur Musannif Effendi Yusnida, SH, MH mengajak insan pers agar lebih teliti dalam menulis atau mempublikasikan sebuah informasi kepada masyarakat agar tidak simpang siur dan memberikan edukasi terhadap masyarakat.

“Kami hadir di tengah masyarakat dalam rangka bentuk empati kami insan pers kepada masyarakat, dari PWI membagikan masker, dan kami menghimbau kepada insan pers agar membuat berita yang mengedukasi masyarakat terkait Covid-19,” papar Ketua PWI Lamtim ini.

Sementara, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Dr. Nila Sandra Wati Tanjung mengatakan, ia mewakili Pokdar Kamtibmas Lamtim dan sebagai Ketua Ikatan Dokter Indonesia dan PWI Lamtim dan Forkompincam Batanghari menghimbau kepada masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat, jaga jarak dan menghindari kerumunan (kumpul) untuk memutus mata rantai Virus Corona.

“Kami mengajak dan menghimbau kepada masyarakat di lingkungan agar menjaga pola hidup sehat, tentu ada beberapa trik untuk mengantisipasi Virus Corona menyebar di lingkungan kita,” ujar dokter Nila.

Bukan itu saja, lanjut dia, masyarakat diminta untuk selalu berjemur di terik sinar matahari dari jam 08.00 sampai pukul 10.00 WIB setiap hari, tetap menjaga jarak dan selalu cuci tangan.

Ketua IDI yang juga merupakan Bendahara Pokdar Kamtibmas Lampung Timur ini juga menjelaskan, bahwa Desa Banjar Rejo, merupakan salah satu kawasan yang wajib mendapat perhatian dan penanganan secara serius, karena telah terdeteksi 1 orang warganya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19, dan telah ditangani di RSUA Yani Kota Metro.

“Kuncinya adalah prilaku hidup sehat, isolasi dan jangan lupa bahagia, bagi siapapun yang pernah berpergian dari luar atau perjalanan, kami harapkan agar lapor kepada tim kesehatan atau pamong setempat agar diperiksa kesehatannya terlebih dahulu,” tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Iptu S.i. Marbun Kasat Binmas Polres Lampung Timur, Kapolsek Batanghari AKP Sukirto, SH, Camat Batanghari Rohiman, SIP, Suryani, S.Pd Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Batanghari, Kepala Desa Banjar Rejo, Sg Puspito, S.IP dan pemuda desa Banjar Rejo dan seluruh anggota Bimmas Polres Lampung Timur.

Sementara, Ketua Forum Pemuda Karya Mandiri (FPKM) Desa Banjarejo, Joko Nugroho menerangkan, bahwa langkah pencegahan dan antisipasi wabah Virus Corona ini dimotori oleh pihak Kepolisian baik dari Satuan Bimas Polres, Kelompok Sadar (Pokdar) Kamtibmas, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Lampung Timur, Polsek, Koramil, Pemerintah Kecamatan Batanghari, serta pemuda, masyarakat, dan Aparatur Desa Banjarejo.

Langkah sosialisasi dan pencegahan ini dilakukan dengan cara membagikan brosur/ pamflet, hand sanitizer, masker, serta penyemprotan disinfektan secara gratis di area-area publik.

Kasat Binmas IPTU SI Marbun, mengharapkan warga masyarakat, khususnya di Desa Banjarejo dapat lebih meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah tertularnya Virus Corona, dengan terus melaksanakan prilaku pola hidup sehat, mengurangi aktifitas diluar rumah, serta menghindari kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Kapolsek Batanghari AKP Sukirto, dan Camat Batanghari Rohiman, secara khusus juga mengharapkan kepada seluruh warga masyarakat untuk sementara waktu, tidak melakukan perjalanan keluar daerah, apalagi ke kawasan yang merupakan pandemi wabah Covid -19.

“Jika ada masyarakat yang mengetahui adanya aktifitas warga lainnya, yang baru tiba ke Desa Banjarejo dari luar kota, tolong segera menghubungi aparat pemerintah atau kepolisian terdekat agar dapat dilakukan langkah-langkah sesuai SOP kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah,” tegasnya. (fadly)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − = 7