Polres Pesawaran Segera Tindaklanjuti Penyerapan DD Desa Kalirejo

Pesawaran, (Bongkarpost.id)- Polres Pesawaran segera menindaklanjuti terkait penyerapan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2018-2019 Desa Kalirejo, Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran.

Kapolres Pesawaran AKBP. Popon Ardianto Sunggoro mengatakan, Penyidik akan segera mengumpulkan data (Puldata) dan mengumpulkan bahan keterangan (Pulbaket) tentang dugaan penyimpangan Dana Desa (DD) Desa Kalirejo, Kecamatan Negeri Katon.

Bacaan Lainnya

“Informasi dan laporan pengaduan tentang DD memang sudah banyak yang masuk, untuk itu kita akan bentuk tim guna lakukan Puldata dan Pulbaket, sebagai langkah awal penyelidikan pada perkara yang dimaksud,” kata dia, Rabu (4/3/2020).

Ia juga menegaskan, dalam penanganan perkara diwilayah hukumnya, tidak akan terpengaruh dengan intervensi siapapun.

“Polres Pesawaran akan lakukan penyelidikan se-akurat mungkin, sehingga kami akan kedepankan ke pembuktian, bila terbukti segera kami akan naikan ke penyidikan. Untuk itu, ketika diketahui adanya perbuatan melawan hukum sebagai permulaan dan didukung dengan dua alat bukti, maka dianggap cukup, kemudian dilanjutkan ketahapan berikutnya,” ujar dia.

Di beritakan sebelumnya penyerapan Dana Desa (DD) Tahun 2018-2019 di Desa Kalirejo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran mencurigakan.

Pasalnya, walaupun pada setiap kegiatan fisik telah terpasang prasasti terbuat dari batu marmer, namun tidak mencantumkan nilai anggarannya.

Pantauan Bongkarpost di beberapa titik yang mencurigakan tersebut, yakni seperti nama kegiatan pengadaan sarana dan prasarana transportasi jenis kegiatan pembangungunan gorong gorong plat beton volume 3,5 m x 0,6 m x 0,6 m x 0,15 TA 2018.

Nama Kegiatan Pembangunan/ rehabilitasi/ peningkatan jenis kegiatan prasarana jalan desa (gorong gorong selokan) volume 0,15 m x 0,6 m x 0,6 m x 4 m lokasi Dusun Adi Mulyo 1 TA 2019.

Nama Kegiatan pengadaan sarana dan prasarana transportasi jenis kegiatan pembangunan onderlagh volume P 565 m x L 2,5 m x T 0,15 m di Dusun Adi Mulyo 1 TA 2019.

Saat di konfirmasi, Ketua BPD Desa Kalirejo Triyono mengaku bahwa dirinya tidak mengetahui jumlah anggaran yang di gunakan pada setiap kegiatan yang menggunakan Dana Desa.

Saat di desak Triyono mengakui bahwa dirinya tidak di libatkan dalam pengelolaan DD di desanya.

“Belum sih belum pernah di kasih tau (Jumlah anggaran,-red) paling di kasih taunya bahwa sudah di buat ini buat itu,” ujarnya, Minggu (1/3).

Hal yang sama di ungkapkan salah satu anggota BPD setempat. Menurut dia, dirinya tidak mengetahui jumlah anggaran pada setiap kegiatan.

“Jangankan kami yang anggota ketuanya kami tanya tidak tahu,”ujar salah satu BPD yang tidak mau di sebut namanya (Imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + = 21