Peringati HUT ke-73 RI, Ribuan Pelajar Ikut Lomba Gerak Jalan

foto: istimewa

Pesisir Barat, BP
Ribuan pelajar mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dan masyarakat umum di Kabupaten Pesisir Barat, mengikuti lomba gerak jalan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-73, Rabu (15/8).

Lomba gerak jalan yang diselenggarakan Pemkab Pesibar melalui Inspektorat dan SMPN I Pesisir Tengah, dilepas langsung oleh Bupati Pesibar, Agus Istiqlal. Peserta sebelumnya berkumpul di Lapangan Labuhan Jukung dan mulai dari depan Kejaksaan Liwa di Krui, samping Kantor Bupati Pesisir Barat menuju Finish di Terminal Waybatu via Samping SDN I Pasar Krui.

Bacaan Lainnya

Peserta lomba gerak jalan diikuti oleh 61 regu, yang masing-masing peserta sebanyak 20 tingkat SD, 21 regu tingkat SMP dan 20 regu dari tingkat SMA sederajat dan umum. Sekitar 1.160 orang tergabung dalam 61 regu dari umum dan pelajar tersebut memadati jalan lintas barat sepanjang 2 kilometer.

Inspektur Pesisir Barat, Edy Muhtar mengatakan, ketentuan lomba setiap regu terdiri dari 19 orang (formasi 18+1) atau 22 orang (formasi 21+1).

“Setiap sekolah mengirimkan minimal satu regu, putra dan putri dengan berpakaian kaos olahraga lengkap,” ujarnya.

Ia menguraikan, pada lomba gerak jalan ini panitia menilai mulai dari tampilan awal saat star dan ketika finish, kemudian sajian selama perjalanan, kekompakan, kerapihan dan kedisiplinan regu.

“Panitia menyiapkan hadiah uang pembinaan, tropi I, II, dan III, serta piagam,” ungkapnya.

Sementara Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal berpesan kepada seluruh peserta agar memberikan penampilan maksimal kepada daerah dan Negara Indonesia, khususnya para pelajar Pesisir Barat supaya memberikan pembaharuan ke arah yang lebih baik.

“Pada zaman nenek moyang kita dulu, untuk memperebutkan kemerdekaan dihadapi dengan berperang dan berjuang mempertaruhkan jiwa raga mereka. Saat ini kita hanya bertugas mengisi kemerdekaan dengan hal positif, torehkanlah prestasi, jadikan diri kalian sebagai gerak perubahan menuju Pesisir Barat yang lebih baik,” pesannya sesaat sebelum melepas peserta yang ditandai dengan pengibaran bendera.

Diketahui, kegiatan yang diselenggarakan melalui Inspektorat Kabupaten Pesisir Barat dan SMPN I Pesisir Tengah tersebut, melibatkan pihak Kepolisan Resort Pesisir Tengah, Dinas Perhubungan, TNI, Dinas Kesehatan dan personil Satpol PP. (**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + 2 =