Kampung Bratasena Adiwarna, Tetapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Tulang Bawang, (Bongkarpost)- Pemerintah Kampung Bratasena Adiwarna, Kecamatan Dente Teladas, Kabupaten Tulangbawang, menerapkan gerakan masyarakat hidup sehat, dalam rangka upaya untuk mencegah penyebaran penyakit corona virus disease (Covid-19) diwilayahnya, Minggu (12/4/2020).

Kepala Kampung Bratasena Adiwarna, Darsono mengatakan, bahwa pihaknya tidak mau ketinggalan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 corona virus disease, mengingat penyakit ini sangat berbahaya dan penularannya sangat cepat, jadi masyarakat harus benar-benar terlindungi dan merasa aman.

Bacaan Lainnya

Bersama para Bidan, petugas Puskesmas, terus melakukan pemantauan terhadap masyarakat yang melintas di wilayah Kampung Bratasena Adiwarna, meskipun itu masyarakat setempat, tetap dilakukan penyemprotan dan diminta untuk cuci tangan dengan menggunakan sabun.

“Lebih baik mencegah dari pada mengobati, kita berharap masyarakat Kampung Bratasena semuanya sehat dan tidak ada yang terkena virus corona, untuk itu kita himbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, paling tidak dengan selalu sering mencuci tangan,” ucap Darsono.

Ia melanjutkan, dipintu masuk Kampung Bratasena Adiwarna, dipasang banner bagaimana protokol kesehatan tentang isolasi mandiri bagi masyarakat yang baru saja tiba di Kampung dari luar Daerah, sehingga siapa saja yang tidak sehat badan apalagi baru saja tiba di Kampung, maka diwajibkan untuk tetap di rumah hingga selama 14 hari atau hingga sehat.

“Jadi bilamana ada masyarakat kita yang pulang ke Kampung Bratasena, dan mereka dari luar Daerah, kita minta untuk melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing selama 14 hari, meski mereka terlihat dalam keadaan sehat dan tidak sakit, hal ini guna mencegah dan memberikan rasa kenyamanan bagi masyarakat tentang kekhawatiran akan Covid-19,” papar Darsono.

“Untuk memberikan pemahaman itu, kita telah memasang banner yang isinya tentang penjelasan bagaimana melakukan isolasi mandiri di rumah, seperti tempat tidur yang harus terpisah, tempat makan dan peralatan mandi yang berbeda dari keluarga, dan cepat menghubungi petugas medis bilamana ada keluhan di badan atau sakit, serta lain sebagainya,” imbuhnya.

Dirinya berharap, virus corona tidak sampai di Kabupaten Tulangbawang, apalagi di Kecamatan Dente Teladas, khususnya di Kampung Bratasena. “Maka dari itu, saya ucapkan terimakasih kepada tenaga medis dan tim relawan, yang hingga saat ini terus maksimal dalam bekerja mencegah dan mengawasi siapa saja yang akan masuk ke Kampung,” tutupnya. (Can/Ris)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

63 − = 59