Gunung Tapa Ilir Fokus Tingkatkan Infrastruktur Kampung

Tulangbawang, BP
Dengan kucuran bantuan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang serta dari pendapatan kampung tahun 2019, Kampung Gunung Tapa Ilir, Kecamatan Gedung Meneng, memfokuskan peningkatan infrastruktur fisik.

Bacaan Lainnya

Adapun pendapatan Kampung Gunung Tapa Ilir sebesar Rp1.351.471.818, Dana Desa (DD) Rp 869.771.818, dan Alokasi Dana Kampung (ADK) Rp 421.700.000, serta bantuan Pemerintah Kabupaten Rp60.000.000.

Keberhasilan pengelolaan dana-dana yang didapat oleh kampung tersebut dalam peningkatan pembangunan sudah membuahkan hasil yang maksimal dan memuaskan. Pantauan di wilayah setempat, kondisi jalan sebagian sudah diperbaiki, gorong-gorong, serta balai kampung sudah direnovasi.

Kepala Kampung Gunung Tapa Ilir, Nurman mengatakan, tahun 2019 ini aparatur desa fokus dalam meningkatkan pembangunan pada kampung yang dipimpin olehnya.

Dijelaskannya, pembangunan pada tahun 2019, yaitu renovasi balai desa, gorong-gorong, jalan onderlagh sepanjang 500 meter di Dusun 01, drainase 300 meter di dusun 04, dan penanggulangan bencana alam jembatan penghubung dan Tralis Pustudes di dusun 04, serta Taman Olahraga di dusun 03.

Selain itu, 2 titik sumur bor di dusun 02 dan 03, penggandaan jamban 40 unit dan Plat Nomor Rumah Warga di dusun 01-05.

“Bantuan yang diberikan pemerintah untuk kampung kami, tahun 2019 ini kita prioritaskan ke pembangunan kampung, selain itu juga pembangunan ini hasil musyawarah bersama dengan masyarakat,” ujar Nurman, Sabtu (30/11/19).

“Dan alhamdulilah, semua yang kita prioritaskan berjalan dengan lancar, tidak ada kendala, dan semua nya ini tidak luput dari dukungan masyarakat, baik yang ikut gotong royong, atau yang mengawasi, dalam menciptakan pembangunan yang berkualitas untuk kemajuan kampung,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia menerangkan, Dana Desa (DD) merupakan program pemerintah, untuk meningkatkan laju pembangunan serta pemerataan yang dimulai dari kampung-kampung. Untuk itu, harapannya agar selalu mendapatkan dukungan dan bimbingan dari berbagai pihak khususnya warga masyarakat Kampung Gunung Tapa Ilir dalam mengelola dana desa.

“Jadi untuk kemajuan kampung, semua itu harus ada dukungan dan bimbingan, baik pihak Pemkab dan aparatur desa serta masyarakat supaya bantuan yang kita dapat bisa tepat sasaran, sehingga dapat benar-benar dirasakan manfaatnya,” tutupnya. (can/ris)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 11 = 15