Gunakan Senpi di Prosesi Adat, Tiga Oknum Polisi Diperiksa Propam Polda Lampung

Bandar Lampung, BP
Gunakan senjata saat prosesi adat di Jl. Abrati, Kel. Kotabumi Udik, Kecamatan Kotabumi, Lampung Utara, tiga oknum polisi harus menjalani pemeriksaan di Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, ketiga oknum yang tengah diperiksa tersebut yakni Bharatu AI dari Direktorat Pol Air Baharkam Mabes Polri, Bripka WEW dari Satuan Polsek Abung Tengah, Polres Lampung Utara, dan Briptu OK dari satuan Polres Waykanan.

Bacaan Lainnya

“Saat ini upaya Polda Lampung telah melakukan pemeriksaan terhadap ketiga oknum polisi itu. Untuk mempertanggung jawabkan penggunaan senjata api tersebut apalah sesuai prosedur atau tidak,” ujar mantan Kapolres Meranti ini, Kamis (19/9).

Ditanya apakah nanti ketiga oknum polisi itu akan terkena sanksi, Kabid Humas menjelaskan, bahwa ketiga oknum polisi tersebut akan terkena sanksi disiplin. “Itu diputuskan setelah selesai pemeriksaan dari Bid Propam Polda Lampung,” jelasnya.

Menurut dirinya, Bid Propam Polda Lampung untuk sementara melakukan pengambilan alih proses pemeriksaan ketiga oknum tersebut, walaupun salah satu oknum polisi itu dari Baharkam Mabes Polri.

“Ya, untuk sementara Polda Lampung yang melakukan pemeriksaan. Karena ada dua oknum itu yang dari Polres Waykanan dan Polres Lampura,” ungkapnya.

Pandra menegaskan, apapun alasan dari ketiga oknum yang melakukan tembakan ke udara tersebut tetap melanggar prosedur SOP. “Karena penggunaannya tidak tepat sasaran,” tandasnya.

Ketiganya melepaskan tembakan sedianya untuk menggantikan fungsi petasan layaknya acara adat kebanyakan. Dimana, pada saat itu tidak tersedia petasan yang sering digunakan untuk memeriahkan acara adat. (eko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 3