DLH Tuba Himbau Warga Waspada Pohon Tumbang

Tulangbawang, BP.id
Tibanya peralihan musim kemarau ke musim penghujan yang saat ini melanda wilayah Kabupaten Tulangbawang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menghimbau kepada warga masyarakat waspada terhadap pohon tumbang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ristu Irham, mengatakan, kondisi cuaca khususnya yang melanda saat ini, memasuki masa transisi dari musim kemarau ke musim penghujan. Dengan perubahan musim potensi angin kencang bisa saja terjadi. Adanya potensi angin kencang dapat membuat pohon-pohon tumbang

Bacaan Lainnya

Untuk itu, lanjutnya, antisipasi perlu dilakukan, antisipasi dengan terus mengecek pohon-pohon besar serta dilakukan pemangkasan pohon yang berpotensi tumbang.

“Kita tidak dapat memprediksi, tapi antisipasi harus dilakukan, dan kami dinas lingkungan hidup, insya allah siap dan siaga dengan selalu mengecek dan keliling untuk memperhatikan pohon-pohon yang berpotensi tumbang,” ujar Ristu Irham, Senin (13/1/2020).

Menghadapi kondisi alam tersebut, Ristu Irham menghimbau kepada masyarakat dan pengendara agar waspada di saat kondisi hujan lebat yang disertai angin kencang untuk menjauhi wilayah perpohonan.

“Jadi masyarakat kami minta dapat berhati-hati, terutama bagi pengendara memarkirkan kendaraan dan yang berteduh disaat hujan untuk mencari tempat berteduh yang aman jauhi wilayah yang banyak perpohonan,” ucapnya.

Selain itu, ia juga berharap agar masyarakat ikut berperan dalam mengamankan dan mencegah lingkungan, dengan berpartisipasi ikut memangkas pohon yang berpotensi tumbang di wilayahnya masing-masing.

“Harapan untuk masyarakat juga, yang halamannya memiliki pohon-pohon besar untuk memangkas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tutupnya. (can/ris)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 2 =