Desa Tanjung Baru Bagun TPA dan Bagikan 2000 Masker Gratis

Lampung Selatan (Bongkarpost)- Kepala Desa Tanjung Baru, Kecamatan Merbau Mataram, Kabupaten Lampung Selatan, membangun gedung TPA dan bagikan 2000 masker kepada warga yang ada di Lampung Selatan yang utamakan bagi pendidikan agama pada anak usia dini.

Kepala Desa Tanjung Baru telah merealisasikan DD (Dana Desa) Tahap I Tahun Anggaran 2020 berupa I Unit Gedung TPA didusun Sukorejo. Peletakan batu pertama pada kegiatan Trail pekerjaan fisik tersebut dimulai pada Rabu (22/4/2020),

Bacaan Lainnya

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Camat Merbau Mataram Heri Purnomo.SKM, Kapolsek dan perwakilan Koramil Merbau Mataram, Babinsa dan Babinkantibmas desa Tanjung baru, Pendamping Desa dan segenap Perangkat Desa setempat.

Peletakan batu pertama yang dilaksanakan oleh Camat Merbau Mataram Heri Purnomo merupakan tanda dimulainya pembangunan gedung TPA yang berukuran 7×12 meter dengan nilai Anggaran Rp171 juta.

Selain kegiatan Trail pekerjaan fisik gedung TPA didusun Sukorejo, Kepala Desa beserta Camat, Kapolsek, Koramil dan rombongan mengunjungi Posko Penanggulangan Covid-19 yang berada di desa Tanjung Baru dengan membagikan 2000 masker kepada warga yang diterima secara simbolis oleh masing -masing Kadus (Kepala Dusun) yang ada di desa Tanjung Baru.

Saat ditemui dilokasi kegiatan, Mat’supi Kepala desa Tanjung Baru mejelaskan, dibangunya gedung TPA didusun Sukorejo dengan tujuan agar anak anak usia dini bisa dengan mudah menimba ilmu agama yang kelak bisa berguna bagi bangsa dan agama serta ber ahlak mulia.

“Dengan adanya TPA disini, semoga bisa dimanfaatkan untuk pendidikan agama dan bisa mencetak generasi yang baik yang ber ahlak mulia, pandai mengaji dan dapat berguna bagi bangsa negara,”jelasnya.

Masih kata Mat’supi, pembangunan gedung TPA didusun Sukorejo ini merupakan hasil dari realisasi Musdus (Musyawarah tingkat dusun) tahun 2019 dan ternyata menjadi sekala prioritas pada Musrenbangdes (musyawarah rencana pembangunan desa) Tanjung baru serta terealisasi DD (Dana Desa) Tahap I Tahun Anggaran 2020.

“Pembangunan gedung TPA ini berukuran 7×12 meter dengan Anggaran sebesar Rp.171 juta merupakan pekerjaan PKTD (Padat Karya Tunai Desa) yang dikerjakan langsung oleh warga sekitar dusun Sukorejo, agar benar benar bisa menjaga kwalitas pekerjaan,” kata dia.

Mat’supi juga menambahkan, selain kegiatan Trail pekerjaan fisik, dirinya selaku Kepala Desa Tanjung Baru yang disaksikan oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Merbau Mataram yaitu Camat, Kapolsek serta koramil, telah membagikan 2000 Masker di posko penanganan Covif-19 desa setempat yang diterima secara simbolis oleh masing -masing Kepala dusun.

“Untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona atau Covid-19 pada warga, telah dibentuk Tim relawan penanganan covid-19, yang selalu melaksanakan penyemprotan disekitar rumah warga dan tempat fasilitas umum dan warga diharuskan memakai masker saat keluar rumah,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Camat Merbau Mataram Heri Purnomo menegaskan, pembangunan gedung TPA didusun Sukorejo desa Tanjung Baru, merupakan pekerjaan PKTD (Padat Karya Tunai Desa) yang menggunakan DD tahap I dilaksanakan secara Swakelola dan dikerjakan langsung oleh warga dusun setempat,

PKTD ini merupakan program Pemerintah untuk membantu warga yang tidak mampu, pengangguran dan pra pengangguran agar bisa bekerja dan dapat merasakan manfaat dengan adanya program Dana Desa, yang utama bisa menjaga kwalitas pekerjaan.

“Terutama lagi disaat Pandemic Covid-19 yang secara tidak langsung merubah perekonomian masyarakat, yang berakibat tidak adanya pekerjaan yang bisa menghasilkan untuk perekonomian kluarga, dengan PKTD ini warga bisa bekerja dan mendapat hasil,” tegasnya.

Heri Purnomo berharap, dengan dibangunya gedung TPA ini diharapkan bisa bermanpaat pada warga sekitar terutama pada anak anak usia dini agar lebih mudah menimba ilmu agama.

“ya, ini semua menggunakan DD tahap I termasuk pembagian masker kepada warga desa Tanjung baru pada hari ini,” tutupnya (Firdaus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 5 = 12