Cegah Penyebaran Covid-19, Kampung Gedung Bandar Rejo Perketat Akses Masuk Kampung

Tulangbawang, (Bongkarpost)- Pemerintah Kampung Gedung Bandar Rejo, Kecamatan Gedung Meneng, Kabupaten Tulangbawang, bersama relawan masyarakat, memperketat penjagaan disetiap pintu masuk jalan Kampung, dengan memasang portal, sehingga masyarakat yang ingin masuk harus dilakukan pendataan dan pengecekan kesehatan, Selasa (07/04/2020).

Hal ini dilakukan, adalah guna mencegah penyebaran virus corona disarse (Covid-19) diwilayah Kampung yang terletak di Kilometer (KM) 52, PT. Sugar Group Companies (SGC) dan merupakan jalan masuk ke Kampung- kampung lain, di Kecamatan Gedung Meneng.

Bacaan Lainnya

Tokoh masyarakat, Budi mengatakan bahwa upaya yang dilakukan merupakan bentuk kesadaran masyarakat Gedung Bandar Rejo, yang disupport oleh Pemerintah Kampung Gedung Bandar Rejo, bekerjasama dengan pihak Puskesmas dan Babinsa serta Bhabinkamtibmas.

“Mengingat Kampung Gedung Bandar Rejo, merupakan jalan yang dilintasi menuju Kampung-kampung lain yang ada di Kecamatan Gedung Meneng, maka sewajarnya jika dilakukan pengetatan, dalam artian penjagaan di pintu masuk Kampung, sehingga bilamana ada masyarakat dari luar Daerah yang tiba, apalagi pulang Kampung dari wilayah yang zona merah terjangkit corona, maka akan langsung didata,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Budi, jika masyarakat yang terdata tersebut berasal dari luar Daerah, maka Tim relawan akan mendata, data tersebut akan disampaikan ke Aparatur Kampung dimana orang tersebut tinggal, dan juga disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten, sehingga orang tersebut masuk dalam kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP).

“Dalam hal ini, sangat dibutuhkan kerjasama antara kita semua dalam mencegah penyebaran virus corona, sebab orang-orang yang baru saja tiba di Kecamatan Gedung Meneng dari luar daerah, atau pulang dari merantau, harus melakukan karantina mandiri selama 14 hari setibanya di Kampung Gedung Bandar Rejo, dan untuk mengontrol hal tersebut butuh kerjasama dari seluruh lini. Alhamdulillah sejauh ini, kita terus konsisten menjaga hal itu,” ucapnya.

Sementara Kepala Kampung Gedung Bandar Rejo, Mad Usin, mengatakan bahwa, atas instruksi Pemerintah dan Kepolisian, dalam mencegah virus yang sangat berbahaya tersebut karena dengan mudah cepat menyebar tanpa terlihat oleh mata, maka pihaknya, dalam hal ini Pemerintah Kampung, dengan sungguh-sungguh mendukung Tim relawan untuk melaksanakan tugasnya.

” Kita berharap yang bekerja dapat dengan sigap dan terus konsisten melakukan monitor terhadap setiap orang-orang yang akan masuk ke Kampung Gedung Bandar Rejo, khususnya Kecamatan Gedung Meneng, Pemerintah Kampung siap mendukung dengan moril dan materil, sebagaimana sesuai dengan regulasi yang ada,” tandasnya. (Can/Ris)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

41 − = 32