Budidaya Ikan Hias Peluang Usaha di Kampung Cempaka Dalem

Tulang Bawang, (Bongkarpost)- Usaha rumahan dengan membudidayakan ikan hias dimasa Pandemi Covid-19 nampaknya menjadi penghasilan yang cukup menggiurkan, mengingat peminatnya kian hari makin bertambah, sebab ikan hias menjadi hiburan masyarakat yang saat ini dianjurkan Pemerintah untuk banyak diam di rumah saja guna mencegah penularan virus corona, Rabu (3/6/2020).

Peluang tersebut dimanfaatkan Jatmiko, salah satu masyarakat di Kampung Cempaka Dalem, Kecamatan Menggala Timur, Kabupaten Tulangbawang, yang melakukan budidaya ikan hias di rumahnya untuk dijual kembali.

Bacaan Lainnya

Saat ini, ia mengaku sedang dalam tahap proses belajar dan mempersiapkan segala sesuatu untuk mengembangkan usahanya tersebut. Sebab selain membudidayakan ikan hias, dirinya juga menerima jasa pembuatan aquarium beserta mejanya untuk tempat ikan hias.

“Masih tahap belajar Mas, saat ini kita masih ternak ikan- ikan seperti gepi (guppy) dan cupang, serta ikan -ikan hias jenis lainnya, ya masih murah -murah lah Mas, jadi yang beli juga terjangkau harganya,” jelas Jatmiko.

Namun kedepan, Jatmiko berencana setelah bermodal kuat dan cukup yakin dengan pengetahuannya, ia akan melakukan ternak ikan hias seperti jenis arwana dan louhan, sehingga diharapkan mampu menambah penghasilan dari usaha ikan hiasnya itu.

Usaha yang dijalaninya itu menyerap tenaga kerja para pemuda setempat dan memberikan mata pencaharian baru, sehingga ia berharap dengan usaha yang digandrunginya tersebut, bisa menjadi contoh bagi pemuda Kecamatan Menggala Timur, khususnya Kampung Cempaka Dalem untuk dapat berinovasi dan berkreasi.

“Kita berharap ini menjadi contoh awal, agar masyarakat di Kampung Cempaka Dalem bisa semakin kreatif dan inovatif, banyak peluang usaha lain yang bisa dikembangkan, yang penting tekun, gigih dan ulet,” tutup pria yang juga merupakan Sekretaris Kampung Cempaka Dalem tersebut. (Can/Ris)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + = 30