Buaya Muara Bermunculan, BPBD Tuba Pasang Banner Peringatan

Tulangbawang, BP.id
Terkait banyaknya buaya muara yang saat ini muncul di berbagai titik bantaran sungai yang ada Kabupaten Tulangbawang, menjadi perhatian serius bagi pemerintah daerah.

Pasalnya, kehadiran buaya tersebut dapat membahayakan masyarakat, khususnya yang berada di lokasi bantaran sungai. Mengingat, banyaknya masyarakat yang bekerja sebagai nelayan dan petani.

Bacaan Lainnya

Salah satunya yang terjadi di Kecamatan Rawapitu, serta di Bakung, Kecamatan Gedung Meneng, yang sempat menggegerkan warga sekitar dengan kemunculan buaya muara dengan bobot cukup besar. Tak ayal masyarakat sampai dibuat cemas dan was-was dengan kemunculan buaya muara tersebut.

Maka dari itu, demi mencegah dan meminimalisir terjadinya hal yang membahayakan, Pemerintah Kabupaten Tulangbawang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulangbawang, melakukan pemasangan papan atau baner himbauan kepada masyarakat sekitar di lokasi titik rawan munculnya buaya.

Hal itu diungkapkan langsung Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulangbawang, Kanedi saat dikonfirmasi via telpon, Selasa (4/2/2020).

Ia mengatakan, sesuai petunjuk, demi meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan dengan kemunculan buaya di berbagai titik di kabupaten sai bumi nengah nyappur.

Ia beserta Anggota BPBD dan masyarakat dengan cepat memasang baner himbauan agar masyarakat berhati-hati dalam beraktivitas.

Pemasangan ini tentunya diharapkan dapat menjadi pengingat kepada masyarakat agar dapat terus waspada dalam menjalankan aktivitas, apalagi saat melakukan aktivitas yang berhubungan langsung dengan air.

“Kita disini mencegah, jangan sampai ada korban nantinya, maka dari itu saya harap masyarakat dapat bersama-sama menjaga kekompakan dan kewaspadaannya dimanapun berada, khususnya masyarakat yang bekerja atau beraktivitas yang bersentuhan langsung dengan air seperti petani dan nelayan,” ungkapnya.

Tak lupa ia juga menghimbau kepada masyarakat agar bila melihat atau berpapasan langsung dengan hewan tersebut (buaya) jangan melakukan perlawanan, tetapi bergegaslah menjauh dari lokasi dan melaporkan kejadian tersebut ke petugas setempat yang ada di wilayah masing-masing. (can/ris)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

87 − = 82