Brigif 4 Mar/BS Laksanakan Program Ketahanan Pangan di Tengah Pandemik Corona

Pesawaran, BP.id
Menghadapi penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19), Bigade Infanteri 4 Marinir/BS melaksanakan program ketahanan pangan wilayah dengan memanfaatkan lahan-lahan kosong di saat siaga pandemik Corona, di Mako Brigif 4 Mar/BS, Piabung, Padang Cermin, Pesawaran, Kamis (2/4/2020).

Program ketahanan pangan dilaksanakan di tengah maraknya penyebaran Virus Corona (Covid-19), yang dilaksanakan oleh prajurit Petarung Harimau Sumatera, di jajaran Brigif 4 Mar/BS, diantaranya Yonif 7 Mar Lampung dengan memanfaatkan lahan kosong seluas 5000 m2 dengan menanami tanaman seperti jagung, singkong, pisang dan sayur mayur.

Bacaan Lainnya

Begitu juga di Yonif 8 Marinir Pangkalan Brandan Medan yang memanfaatkan lahan kosong seluas 2 Ha dan lahan tersebut dalam proses penggemburan tanah, dikarenakan kondisi cuaca masih kemarau, yang dalam waktu dekat akan segera ditanami jagung, singkong, dan sayuran.

Sementara itu, di Yonif 9 Marinir Lampung ketahanan pangan wilayah dilaksanakan dengan memanfaatkan lahan kosong untuk segera ditanami jagung, singkong, sayur – sayuran di lahan seluas -/+ 2,5 Ha, serta penebaran benih ikan lele di sekitar Mako Yonif 9 Mar yang diperkirakan akan dapat dipanen pada bulan Juli 2020 mendatang.

Di Yonif 10 Marinir Batam ketahanan pangan wilayah dilakukan dengan memanfaatkan lahan kosong seluas 2 Ha, dan ditanami jagung, singkong, pisang dan sayur mayur.

Sementara itu di Mako Brigif 4 Marinir/BS sendiri saat ini Kima Brigif 4 Mar/BS Lampung bersama masyarakat sekitar telah melaksanakan budidaya laut udang Vaname yang berlokasi di Desa Piabung, dengan media biovlok disekitar pemukiman masyarakat.

Saat ini dilaksanakan proses pemisahan benih udang Vaname sebanyak 15.000 ekor, yang semula dalam 1 kolam, dipisah menjadi 4 kolam, dan direncanakan panen pada bulan Juni 2020.

Disamping itu, Kima Brigif 4 Marinir/BS juga telah melaksanakan penyiapan lahan kosong yang saat ini dalam proses penanaman palawija dan sayur-sayuran, diantaranya singkong, kacang panjang, terong, tomat, sawi dan cabai.

Komandan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Nawawi, SE, MM menegaskan, bahwa kegiatan program ketahanan pangan wilayah yang memanfaatkan lahan kosong ini sangat bermanfaat sehingga hasilnya nanti dapat dinikmati oleh prajurit di Jajaran Brigif 4 Mar/BS di tengah merebaknya Virus Corona tersebut.

Ia juga menyampaikan kepada para prajurit bahwa Covid-19 sebenarnya bukanlah aib, ini adalah penyakit “biasa” yang kebetulan belum ditemui obatnya, namun demikian tercatat ada beberapa orang yang sembuh setelah menjalani isolasi, serta perawatan di rumah sakit.

Virus ini sendiri telah menginfeksi banyak negara di dunia, karenanya oleh WHO dinyatakan Virus Corona sebagai pandemi, artinya virus ini telah menyebar hampir di seluruh dunia.

“Dan menjadi tugas kita bersama untuk selalu menjaga kebersihan diri, keluarga serta mengikuti anjuran pemerintah untuk sementara waktu berdiam diri di rumah, dan melaksanakan social distancing, menjaga jarak di saat berkomunikasi agar dapat terhindar dari penyebaran virus tersebut. (rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 4 = 6