Agus Istiqlal Deklarasikan Komitmen Bersama Wujudkan Pesibar KLA

Pesisir Barat, BP.id
Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. Agus Istiqlal, SH, MH membuka Deklarasi Komitmen Bersama dalam menciptakan Kabupaten Pesisir Barat menjadi Kabuaten Layak Anak (KLA) tahun 2020, di Cukuh Tangkil, Kamis (12/3/2020).

Dalam sambutannya, Bupati Pesibar Dr. Drs. Agus Istiqlal, SH, MH menyampaikann pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah mendesain dan mensosialisasikan sebuah sistem dan strategi pemenuhan hak-hak anak yang terintegrasi dan berkelanjutan, dengan mengembangkan kebijakan Kabupaten Layak Anak (KLA).

Bacaan Lainnya

“Kebijakan KLA bertujuan untuk mensinergikan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha sehingga dipastikan kebijakan ini merupakan implementasi dari tindak lanjut komitmen bersama, Pemerintah Indonesia turut bekerjasama,” ujar Bupati.

Selanjutnya, poin terpenting dari proses pengembangan KLA ini adalah koordinasi antara para stakeholder pemenuhan hak-hak anak yang dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

“Oleh karena itu, saya sangat berharap penguatan koordinasi para stakeholder dapat terus ditingkatkan dan terus melakukan koordinasi secara rutin. Karena anak adalah investasi kita di masa yang akan datang, maka menjadi kewajiban kita bersama untuk menjadikannya lebih berkualitas, sehingga mereka akan menjadi modal pembangunan,” kata dia.

“Untuk itu, peran seluruh pemangku kepentingan pemerintah, masyarakat dan dunia usaha harus bahu membahu untuk mewujudkannya,” timpalnya.

Sementara untuk mewujudkan KLA ada beberapa strategi yang harus dilakukan antara lain pengarusutamaan pemenuhan hak anak, penguatan kelembagaan, perluasan jangkauan dan membangun jaringan.

Dengan diadakannya kegiatan ini, pihaknya sangat berharap kerjasama dan dukungan dari seluruh SKPD, agar dapat mewujudkan Kabupaten Pesisir Barat menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA).

Turut hadir, Anggota DPRD Pesibar Komisi C Hermansyah, Koramil Pesisir Tengah, Kepala Dinas PPPA, Kepala OPD dan PA, Perwakilan Kacabjari Krui, Perwakilan Kapolsek Pesisir tengah dan unsur terkait. (eko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

50 + = 51